Pasar Tradisional Mercado San Pedro

"Apa yang mau kamu lakukan hari ini?" pagi itu sembari sarapan Aris bertanya pada saya. Kami berada di Cusco dan punya seharian untuk dihabiskan menjajal kota itu. "Saya mau ke pasar," jawab saya. Ia tak mendebat. Ia tak punya pilihan lain.

Pasar yang biasanya banyak dikunjungi turis ketika di Cusco adalah Pisac Market. Sayangnya pasar ini letaknya cukup jauh dari tempat kami menginap. Sebelum tiba di Cusco saya dan Aris sudah sepakat untuk tidak lagi melakukan kegiatan yang membutuhkan kami menghabiskan terlalu banyak energi. Setelah mengunjungi Machu Picchu rasanya ingin santai-santai saja. Maka Pasar San Pedro yang jadi pilihan. Pasar ini letaknya hanya tiga blok dari hotel kami.





Saya selalu suka pasar tradisional. San Pedro adalah pasar bagi orang-orang lokal. Tidak terlalu banyak turis karena barang yang dijual kebanyakan kebutuhan sehari-hari. Saya suka sekali melihat sayur-mayur, buah-buahan segar, serta beragam daging, keju, dan roti-rotian yang dijual di sini. San Pedro juga menjual kerajinan lokal, baju-baju tradisional, juga beragam hidangan khas Peru dan jus buah segar.





Pasar ini rapih, bersih, dan hanya terdiri atas satu lantai. Ventilasinya luar biasa baik sehingga tidak terasa sumpek atau bau. Di dalamnya pengunjung dapat dengan mudah menavigasi arah karena pasar ini dilengkapi dengan tanda-tanda yang jelas untuk menunjukkan setiap jenis barang jualan.








Mercado San Pedro seru!




Comments

Popular Posts