Doa untuk Kemanusiaan - Mengingat Tragedi Sandy Hook

Baru empat hari yang lalu terjadi tragedi luar biasa di Sandy Hook Elementary School di sebuah kota kecil bernama Newton di negara bagian Connecticut, Amerika Serikat. Tembakan membabi buta oleh seorang pria membunuh 20 orang anak, 6 orang dewasa, mengguncang Amerika Serikat dan membuat dunia tercengang. Air mata tertumpah, hati tercabik. 

Ingatan akan kejadian itu masih terus membuat saya merinding dan segera saja mata akan tergenang. Jiwa-jiwa yang hilang, keluarga-keluarga yang remuk hati, ketakutan yang terbentang, doa-doa yang tersebar. Hidup penuh misteri. Kejadian seperti ini membuktikannya.

Saya tidak punya kata-kata bijaksana. Saya hanya ingin menyatakan betapa luar biasa memilukannya kejadian ini. Betapa saya sangat berharap kejadian ini tidak pernah terjadi dan tidak akan pernah terjadi lagi. Pikiran ini tidak bisa lepas dari semua keluarga dan lingkungan yang kehilangan anak-anak mereka, kehilangan orangtua mereka, kehilangan guru mereka, kehilangan teman mereka. Semoga Semesta memberikan mereka secercah kedamaian di tengah prahara ini. Semoga mereka yang kehilangan diberi kekuatan untuk terus melanjutkan hidup dan semua yang pergi diberi ketenangan dalam tidur abadinya. 

Saya ingin berdoa untuk kemanusiaan. Saya ingin berdoa untuk setiap manusia. Semoga ketika harus memilih, kebaikan akan senantiasa mengalahkan kejahatan. Semoga ketika harus memilih, cinta akan senantiasa mengalahkan benci. Semoga ketika harus memilih, manusia terus ingat bahwa ia sungguh punya pilihan. Semoga kejadian seperti ini tidak akan pernah terjadi lagi, di manapun, kapanpun, kepada siapapun. 

Comments

Popular Posts