If It Were My Home

Saya menemukan sebuah situs yang sangat menarik kemarin. Namanya adalah If It Were My Home



Lewat situs ini kita bisa mendapatkan perbedaan hidup di satu negara dengan lainnya. Situs itu secara otomatis menggunakan lokasi kita pada saat itu dan kemudian kita tinggal mencari nama negara lain yang ingin kita bandingkan.

Ketika saya mencoba menggunakannya, secara otomatis situs ini menggunakan Amerika Serikat sebagai lokasi dan kemudian ketika saya membandingkannya dengan Indonesia, data-data berikut lah yang muncul:

Comparing The United States to Indonesia.

If Indonesia were your home instead of The United States you would...


  1. have 4.7 times higher chance of dying in infancy
  2. use 96.07% less electricity
  3. make 91.38% less money
  4. consume 89.76% less oil
  5. spend 98.78% less money on health care
  6. die 7.19 years sooner
  7. have 33.41% more babies
  8. have 17.2% more chance at being employed
  9. experience 12.44% less of a class divide
  10. be 66.67% less likely to have HIV/AIDS


Menarik sekali bukan? Dari 10 fakta yang muncul, 6 menunjukkan keadaan yang lebih baik daripada tinggal di Amerika Serikat. Penggunaan listrik yang lebih rendah, konsumsi bahan bakar yang lebih rendah, pengeluaran yang lebih rendah untuk kesehatan, persentase yang lebih tinggi untuk mendapatkan pekerjaan, perbedaan kelas sosial yang sedikit lebih rendah, dan kemungkinan untuk terjangkit HIV/AIDS adalah 66.67% lebih rendah.

Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau, tetapi ternyata rumput di halaman sendiri tak kalah subur dan nyaman untuk dipakai tidur-tiduran sambil memandang bintang jatuh.

Saya sedang rindu sekali pada Tanah Air. Perasaan itu datang dan pergi, namun selalu ada di belakang kepala dan di dalam hati.

Selamat menemukan fakta-fakta menarik lewat situs: http://www.ifitweremyhome.com. Bagaimana perbandingan antara hidup di Indonesia dengan Bahama atau Costa Rica?

Salam!

Andini

Comments

Popular Posts