Tamu dari Masa Lalu: Mba Yuyun dan Pak Sheldon

Saya suka sekali membaca kembali tulisan-tulisan saya di masa lalu. Ini salah satu tulisan yang saya buat di tahun 2008, 3 tahun yang lalu, ketika blog saya di Friendster masih aktif. Tulisan ini saya persembahkan untuk program-program hiburan di televisi Indonesia. Dengan editing, berikut tulisan masa lalu itu:

Mba Yuyun dan Pak Sheldon

Ini gara-gara habis nonton 4 Mata di Trans7. Topiknya tentang "Perjodohan". Bintang tamunya cukup banyak (seperti biasa), mulai dari bintang-bintang muda andalan pesinetronan Indonesia, jomblowan dan jomblowati, sampai sepasang suami istri yang membuka biro jodoh karena mereka sendiri merupakan "hasil kerja" sebuah biro jodoh.

Sepasang suami istri ini langsung mendapatkan perhatian saya. Sampai enggan untuk mengganti ke channel lain loh! Ya sebenarnya sih memang malas ganti-ganti channel, karena pasti harus bertemu dengan Indosiar yang dari jam 6 sore tadi (sampai sekarang jam 23.30!!!) masih menayangkan acara Supermama. Mungkin ini acara terpanjang yang ada di dunia yah?

Kembali ke suami istri tadi, Tukul Arwana dengan cekatan memperkenalkan suami-istri ini untuk mengiringi entrance mereka ke setting 4 Mata. Si suami namanya bule sekali; Sheldon sesuatu. Nah, nyonya nya namanya Yuyun sesuatu. Ketika mereka keluar, memang langsung terlihat mereka sangat berbeda. Pertama (tentunya) beda ras. Kedua, beda umur. Pak Sheldon cukup tua untuk jadi kakeknya.




Okelah, cinta emang tidak pandang bulu. Siapa kita untuk menghakimi? Mba Yuyun yang usianya 23 tahun nampak cantik dengan gaun merah, make up medok dan rambut panjang lurus ber-highlight yang terus-menerus dirapihkan dengan jari-jarinya setiap kali dia salah tingkah. Pak Sheldon yang 49 tahun lebih tua dari Mba Yuyun tampil rapih dengan kemeja dan dasi.

Acara 4 Mata tadi bisa dikategorikan sedikit lebih kacau dari biasanya. Seperti biasa, semua sepertinya memang dirancang mengikuti kengasalan si pembawa acara (Tukul -red). Jadi tidak mungkin lah bintang tamu atau pemirsa berharap memberikan atau mendapatkan informasi yang tepat dan mencukupi. Nah, kali ini ditambah lagi dengan kendala bahasa. Harus diakui, episode tadi sangat kocak.

Mba Yuyun nampak sangat bahagia. Entah karena ia menikah dengan Pak Sheldon atau karena ia sedang tampil di 4 Mata. Satu yang pasti, beberapa kali ia menekankan "siapa saja bisa menikah dengan orang asing". Yang kemudian (tentu saja) segera disambut Tukul dengan komentar-komentar khas lawakan Indonesia, orang asing=orang luar angkasa.

Ternyata biro jodoh milik pasangan suami istri ini mengkhususkan pada pencarian suami berkulit putih atau pencarian istri Asia. Paling tidak itulah garis besar bisnis mereka bila disimpulkan dari wawancara yang super ngasal itu. Lucunya, saya sempat berharap omongan si Pak Sheldon bisa diterjemahkan oleh Mba Yuyun, karena tentunya Tukul tak bisa diharapkan. Nah, Mba Yuyun ternyata bahasa inggrisnya juga amat sangat terbatas. Jadi kacau lah semua.

Dalam satu kesempatan Tukul bertanya pada pasangan itu, "Apa saja kriteria yang dicari pria bule dalam mencari pasangan?" Pak Sheldon tentunya tidak mengerti pertanyaan itu. Mba Yuyun dengan polos kemudian berkata kepada Pak Sheldon, "You.. man, look Indonesia woman, what. Dark skin, beautiful. Feminine. Yes?" OK, mungkin kata-katanya tidak tepat seperti itu, hanya dibolak-balik saja sedikit, tetapi secara keseluruhan ya begitulah yang dikatakan Mba Yuyun sambil mesem-mesem dan main-mainin rambut. Pak Sheldon sempat kebingungan sampai dia menemukan satu kata yang bisa menjadi penerang dalam gulitanya. Dan ketika ia akhirnya mengerti dan siap dengan penjelasannya, Tukul malah meminta Mba Yuyun untuk menerjemahkan. Wong bule-nya belom ngomong apa-apa kok sudah disuruh menterjemahkan! Alhasil yang keluar dari mulut Mba Yuyun cuma, "Iyahh.. Feminin. Yes?" sambil menengok ke Pak Sheldon. Seru….

Bagian akhir acara adalah yang paling lucu. Ketika diminta memberikan alamat website atau email, suami istri itu gagal menyampaikannya dengan sempurna. Mba Yuyun nampaknya bingung dengan cara mengatakan alamat website nya dalam bahasa inggris, Pak Sheldon menguasai bahasa inggris tapi lupa sama alamat website-nya sendiri. Dan Tukul (tentu saja) dengan sigap segera memotong kedua insan yang sedang kebingungan dengan alamat website mereka gara-gara sudah mendengar kata dot com keluar dari mulut si Pak Sheldon. Alhasil sampai akhir acara tidak ada yang tahu apa alamat website dari biro jodoh ini.

Dan acara Supermama baru aja selesai di Indosiar.. Aaahh… TV kita memang luar biasa!

Comments

Popular Posts