Indonesia Mengajar: Setahun Mengabdi, Seumur Hidup Memberi Inspirasi

Lima puluh satu (51) pengajar muda sarat talenta dan semangat akan diterjunkan ke berbagai sudut Negeri pada tanggal 10 November 2010 dalam sebuah gerakan yang disebut "Indonesia Mengajar".

Indonesia Mengajar adalah sebuah gerakan yang digagas Anies Baswedan dan mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk membantu mengisi kekurangan guru berkualitas, terutama di daerah-daerah di Indonesia. Uniknya, Indonesia Mengajar menjanjikan kehidupan "layak" bagi putra-putri yang terpilih. Hal ini tentu menjawab tantangan yang ditemui selama ini mengenai kesulitan ekonomi yang ditemui banyak pengajar di daerah.

Mengutip dari situs Indonesia Mengajar:

Indonesia Mengajar memberi kesempatan kepada lulusan terbaik perguruan tinggi di Indonesia untuk bergabung bersama dan bekerja sebagai Pengajar Muda di SD yang kekurangan guru di berbagai daerah di Indonesia selama 1 tahun. Indonesia Mengajar (IM) memberikan para Pengajar Muda pelatihan profesional dan kepemimpinan, dan akses ke berbagai perusahaan lokal dan multinasional ternama sesudah menyelesaikan program IM.

Fasilitas :
- Pelatihan bersertifikat (corporate trainings, leadership trainings, teacher's trainings dll)
- Kompensasi gaji yang kompetitif
- Asuransi kesehatan dan fasilitas lain yg memadai untuk menunjang tugas sebagai Pengajar Muda di daerah
Setelah lolos seleksi, Anda akan mendapat pelatihan bersertifikat untuk siap mengajar di daerah-daerah yang telah ditetapkan. Setelah setahun bertugas, Anda dapat peluang untuk memperpanjang kontrak setahun lagi dengan mengajar di daerah lainnya. Atau memperoleh kesempatan berkarir di jejaring perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional yang bermitra dengan kami. Pilihan menarik lainnya, Anda bisa mengikuti program-program beasiswa ke pendidikan yang lebih tinggi di dalam dan luar negeri.

Putra-putri yang terpilih sungguh adalah yang terbaik, karena mereka yang mendaftarkan diri mencapai angka 1383 orang dan hanya 51 yang lolos. Mereka-mereka ini merupakan lulusan universitas-universitas terbaik di Indonesia, memiliki IPK di atas 3.25 dan pernah meraih berbagai penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri.

Membaca tentang Indonesia Mengajar membuat saya begitu terinspirasi dan seketika ingin mengucapkan terimakasih kepada Pak Anies yang terus konsisten melahirkan ide-ide luar biasa bagi Indonesia. Maka saya mengirimkan surat elektronik kepadanya, setelah lebih dari 1 tahun tidak berkomunikasi.

Ia membalas surat saya dengan hangat, mengatakan bahwa tentu saja ia masih ingat saya. Kemudian ia memberi penjelasan pendek tentang Indonesia Mengajar yang membuat saya ingat mengapa saya masih terus saja ingin mencintai Indonesia:
"Indeed we launched Indonesia Mengajar Program. We hope to spread the spirit of optimism and stewardship across this beloved nation. We'd like to light candles and not to curse darkness." - Anies Baswedan
 Sila baca lebih lengkap tentang Indonesia Mengajar di http://www.indonesiamengajar.org/

Comments

  1. Terimakasih, Belly Surya Candra Orsa! Sering-sering berkunjung ya.. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts