Tujuh Belas: Pernikahan dan Pertemanan Berbalut Adat

17 (Tujuh Belas)


Saya cinta indonesia karena...
ragam budayanya.

Walau saya tidak suka mendatangi sebuah acara pernikahan yang kedua mempelainya tidak terlalu saya kenal, namun ketertarikan terhadap tema dan adat yang digunakan selalu mendorong saya untuk datang. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang menarik dari Indonesia karena setiap propinsi memiliki tata cara, adat istiadat dan arti yg berbeda-beda dalam melangsungkan sebuah pernikahan. Meskipun memakan waktu lebih lama, tetapi saya selalu tertarik untuk mengikuti runtutan acara dan mencari tahu arti dari tahapannya. Apalagi, sekarang sudah memasuki masa di mana yang melangsungkan pernikahan adalah teman-teman saya sendiri, alhasil saya pun jadi semakin mengetahui seluk beluk adat yang digunakan dalam setiap upacara pernikahan. Tidak jarang juga saya menghadiri acara pernikahan, dimana kedua mempelainya tidak berkewarganegaraan Indonesia, tetapi menjalankan upacara pernikahannya dalam salah satu adat propinsi di Indonesia hanya karena kekaguman mereka dengan budaya Indonesia.

Hal lain yang juga saya sadari dalam kehidupan sehari-hari adalah perbedaan latar belakang dan budaya secara tidak langsung juga mempengaruhi santun dan perilaku seseorang. Kesimpulan itu saya peroleh berdasarkan hasil pengamatan terhadap orang-orang di sekeliling. Hal ini tidak menyebabkan saya menjadi lebih judgmental. Sebaliknya, saya malah menjadi semakin memahami bagaimana harus menjaga relasi dan bertinteraksi dengan teman-teman saya. Kini saya tahu bahwa kita tidak bisa berharap bahwa semua orang memiliki cara pandang yang sama dengan perbedaan latar belakang budaya yang membesarkan masing-masing dari kita. Semakin banyak ragam budaya dalam sebuah kelompok pertemanan, saya merasa kelompok tersebut menjadi semakin menarik, hidup dan saling melengkapi. Keragaman budaya mengajarkan saya untuk menjadi lebih terbuka dan toleran. Keragaman itu lah yang membuat kita sungguh-sungguh kaya.


Tuning Soebagjo


Tuning memperoleh gelar S1 di bidang Hukum dari Universitas Indonesia. Saat ini ia sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Melbourne, Australia.

Comments

Popular Posts