Dua Puluh Lima: Negeri Para Petualang

25 (Dua Puluh Lima)


Saya cinta Indonesia karena...
daya tarik wisata ada di setiap sudut.

Pertama, karena saya lahir sebagai orang Indonesia, tentunya saya cinta negara sendiri. Sejak kecil sudah tahunya saya orang Indonesia, bukan orang Cina, orang Arab, orang Jawa atau orang India, tapi orang Indonesia.

Semakin tumbuh besar dan dewasa, tentunya saya semakin sadar bahwa negara saya ini sangat eksotik, penuh dengan budaya dan tempat yang belum pernah saya kunjungi. Ekspatriat dan turis asing harus membayar mahal untuk datang ke Indonesia.

Ketika mulai dewasa, jiwa petualangan saya terhadap Indonesia muncul. Semakin gencarnya promosi tentang pariwisata negara lain di Indonesia ini, semakin saya tertarik berwisata dalam negeri sendiri. Pikir saya, "Wah, asik! Semakin sepi berwisata di Indonesia karena semua orang pergi ke negara lain untuk berlibur."

Dengan berbekal bahasa Indonesia kita yang sangat mudah ini, kita dapat berkomunikasi ke berbagai daerah manapun di indonesia dan merasa aman. Dengan perut yang sudah terbiasa makan di pinggir jalan, tentunya tidak takut buat saya untuk berpergian ke pulau-pulau atau daerah-daerah di dalam hutan di Indonesia. Bagi orang-orang yg sangat mencintai seni budaya, alam, tumbuh-tumbuhan dan hewan beraneka ragam, Indonesia adalah surga bagi mereka.

Indonesia adalah sebuah negara yang penuh petualangan. Gunung, pantai yang indah, hutan-hutan tropis yang megah, sungai, serta tentunya makanan-makanan yang seringkali belum pernah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari akan selalu ada di Indonesia. Apabila kita tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut, tari-tarian mistik dan romantis pun dapat kita temukan di setiap daerah di Indonesia, bahkan sampai acara pernikahan dan kematian yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Terlalu banyak yang HARUS kita lihat di Indonesia. Dan tentunya saya semakin cinta Indonesia karena kita tidak perlu membayar mahal dibandingkan orang-orang asing tersebut untuk melihat kekayaan budaya negeri kita sendiri.

Marilah kita dukung pariwisata dalam negeri karena Indonesia adalah satu negara yg punya obyek petualangan dalam hal alam, budaya, seni, juga makanan! Selamat hari Kemerdekaan...


Annette Anhar

Annette adalah General Manager juga penggagas restoran Lara Djonggrang, Dapur Babah, Samarra, dan Shanghai Blue yang seluruhnya berada di bawah naungan Tugu Group.

Comments

Popular Posts