Tiga: Dari Gombloh hingga Naga Cina!

3 (Tiga)


Saya cinta Indonesia karena..
seniman-seniman hebat, Tahu Telor dan 7 Naga Cina!

Begitu banyak hal dari Indonesia yang bisa membuat gua berfikir, "Untung gua lahir di indonesia."

Indonesia punya banyak seniman-seniman hebat dan legendaris, dengan latar belakang yang menarik untuk dikulik. Beberapa yang bagi gua amat menarik adalah Widji Thukul, Gombloh, Koes Plus, Chrisye, Srimulat dan masih banyak lagi.

Budaya tradisional yang kita miliki pun tidak perlu ditanya lagi keunikan dan kekayaannya. Ini juga yang sering digembar-gemborkan sebagai keunggulan Indonesia. Sayangnya, menurut gua pribadi, kita baru menyadari kekayaan budaya dan tradisi ketika terjadi peniruan, bahkan pengakuan oleh negara lain. Baru kita berteriak-teriak soal cinta Indonesia, atau cinta batik. Seharusnya kita bisa sama-sama lebih menghargai, mencintai dan berdiri membela budaya Indonesia, tanpa harus ada kejadian yang tidak diinginkan terlebih dahulu.

Selain seni dan budaya, makanan jadi alasan selanjutnya. Tahu tek atau tahu telor, makanan khas Jawa Timur ini luar biasa enaknya! Disajikan dengan lontong, kerupuk, tahu dilapisi telur, dan tentunya kuah petis, beruntunglah Indonesia punya tahu tek dan tahu telor!

Seni, budaya, makanan. Ada satu hal lagi yang membuat gua cinta Indonesia, yaitu berbagai kisah misteri yang dimiliki negara ini! Banyak sekali kisah asli dalam negeri yang bisa bikin kita merinding ngeri atau penasaran. Salah satu cerita misteri yang pernah gua denger (dan membuat sangat penasaran) adalah tentang Indonesia yang katanya merupakan salah satu lokasi dari keberadaan 7 Naga Cina. Konon naga itu hidup di lautan Indonesia.. Brrrr...

Masih banyak hal tentang Indonesia yang ingin gua pelajari. Baru sedikit pengetahuan yang gua tahu tentang Indonesia saat ini. Masih banyak pulau yang belum gua singgahi, pertanyaan tentang asal-muasal nenek moyang orang Indonesia belum terjawab dan masih banyak fakta masa lalu yang belum terungkap. Gua yakin seiring waktu, akan semakin banyak hal baru yang gua temui tentang Indonesia dan menambah alasan untuk mencintai Indonesia.

Dirgahayu Indonesia!


Arief Tri Satya

Arief Tri Satya adalah mahasiswa jurusan Periklanan tingkat akhir dari Universitas Al-Azhar, Jakarta. Ia juga personil band GRIBS.

Comments

Popular Posts