Dua Belas: Pencinta Indonesia Tersebar di Dunia

12 (Dua Belas)


Saya mencintai Indonesia karena…
negeri ini dicintai oleh orang-orang bukan Indonesia sekalipun.


Mereka itu diantaranya :

- Daniel S. Lev seorang guru besar Ilmu Politik pada Universitas Washington USA, mendedikasikan hidupnya untuk melakukan studi tentang hukum dan politik di Indonesia.

- Elizabeth D. Inandiak, seorang wanita penyair berkebangsaan Perancis yang telah mendedikasikan hidupnya untuk mengembangkan dan melestarikan budaya Jawa.

- R. William Liddle guru besar Ohio State University pada Departemen Ilmu Politik, merupakan pengamat politik Indonesia terkemuka yang telah banyak menyumbangkan pemikirannya terhadap perkembangan dunia Politik Indonesia.

- Alexander Fueller dan Regulla Sutter, musisi asal warga negara Austria yang mencintai alat musik Gamelan Jawa dan saat ini menjadi pemain tetap grup gamelan Ngesthi Budoyo.

- Denys Lombard, sejarahwan asal Perancis yang melakukan penelitian terhadap kepulauan Nusantara, penulis buku Le Carrefour Javanais: Essai d’historie globale (Nusa Jawa).

- Femke den Haas, perempuan berkebangsaan Belanda merupakan relawan pada Pusat Penyelematan Burung Den Haag yang sangat peduli dengan kekayaan alam Indonesia terutama terhadap kelangsungan hidup satwa-satwa di Indonesia.

- Roza Puzynowska, wanita berkebangsaan Polandia yang mempelajari seni Tari Yapong dan Gambyong tergabung dalam Warsaw Gamelan Group.

- Nelson Mandela, mantan presiden Afrika Selatan sekaligus tokoh perjuangan anti apartheid, gemar menggunakan kemeja batik dalam aktivitasnya sehari-hari setelah pertama kali berkunjung ke Indonesia pada tahun 1990 dan diperkenalkan oleh batik rancangan designer Indonesia Iwan Tirta. Belakangan muncul istilah “Madiba Shirt” atau “Kemeja Madiba (nama panggilan Mandela) untuk menyebut busana batik yang kerap digunakan Nelson Mandela.

- David Taylor, mencintai pencak silat sebagai seni bela diri warisan budaya Indonesia melatih pencak silat dalam perguruan Mande Muda di Hawaii.

- Yukitoshi Tanaka, pria berkebangsaan Jepang yang membantu penuh pihak Indonesia dalam perang kemerdekaan. Dia akhirnya dikenal sebagai Tokoh Persahabatan RI-Jepang.

Nama-nama di atas hanyalah segelintir nama-nama orang bukan Indonesia yang saya ketahui mencintai Indonesia. Saya yakin masih banyak nama-nama lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Saya memimpikan Indonesia dapat menjadi negara yang dicintai oleh seluruh masyarakat dunia. Oleh karena itu sudah sepatutnya perasaan cinta Indonesia dimiliki oleh kita sebagai warga negara Indonesia.

Alfin Sulaiman


Alfin adalah Advokat pada Kantor Hukum Sulaiman & Widjanarko Attorneys at Law

Comments

Popular Posts