We Believe in Dogs!


Perkenalkan: Trippy dan Sosis. Anggota baru keluarga kami. Kami mengadopsi mereka minggu lalu dari Citizens for Animal Protection (CAP).

Anjing adalah binatang peliharaan paling digemari di Amerika Serikat. Akibatnya hewan ini dilihat sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan dan akhirnya menjadi komoditi. Puppy mills banyak bermunculan. Puppy mills adalah breeder dalam skala besar, sehingga lebih cocok dikategorikan sebagai pabrik untuk memproduksi anak-anak anjing ras dalam jumlah massal. Kondisi hewan-hewan di dalam sebagian besar puppy mills begitu menyedihkan sehingga muncul beberapa LSM yang khusus bekerja untuk menutup puppy mills dan menyelamatkan hewan-hewannya. Berkat kehadiran puppy mills, kini jumlah anjing di Amerika Serikat membludak.

Banyak anjing yang tidak terurus, dibuang karena berbagai alasan termasuk tidak laku di toko, bahkan mengalami penyiksaan oleh pemiliknya sendiri. Selain membludaknya jumlah binatang kaki empat ini, sebuah olahraga ilegal, yakni adu anjing muncul ke permukaan dan menjadi salah satu kegiatan kriminal yang juga sedang diperangi para pecinta hewan di Amerika. Anjing-anjing yang biasanya diadu biasanya berakhir dengan ketidakstabilan emosi dan psikis, serta cacat fisik, bahkan kematian. Manusianya sendiri mendapatkan banyak keuntungan dari perjudian atas adu anjing-anjing itu. Kalau sudah begini, tidak jelas lagi mana yang sebenarnya pantas disebut binatang.

CAP adalah salah satu organisasi yang bekerja untuk perlindungan hewan, seperti anjing, kucing dan binatang rumah lainnya di area Houston. Mereka menampung anjing-anjing yang diserahkan oleh tuannya atau yang tidak bertuan, dan kemudian menyediakan saluran adopsi. Amerika sendiri sedang mendorong warganya untuk mengadopsi anjing-anjing yang berada di penampungan, daripada membeli di toko hewan. Ya, karena masalah komoditi tadi itu. Begitu banyaknya anjing yang tidak bertuan, sehingga pusat-pusat penampungan sendiri sudah kewalahan dan tidak sedikit yang kemudian "ditidurkan" untuk selamanya.


CAP mempraktekkan euthanasia dengan mempertimbangkan 3 hal: kesehatan, temperamen dan ruang. Artinya jika anjing itu memiliki penyakit dan bertemperamen buruk maka ia akan ditidurkan. Begitu juga jika sudah tidak ada ruang lagi untuk menampung anjing yang baru, maka anjing yang diserahkan saat itu juga akan ditidurkan. Menyedihkan. Terlalu menyedihkan.

Maka kini setiap hari kami punya pekerjaan baru: membersihkan kotoran dua anjing kami yang sungguh sangat menggemaskan. Anjingnya, bukan kotorannya.

Adopt one, until there is none. Thus, we adopted two.

Comments

  1. aaaaaaaaaaahhhhhhhh.. lucu sekaliiiiiiiiiiiiiiiiii.. gemeeessssssssss ih gila sumpah gemes!!!

    ReplyDelete
  2. ayah present anak main puter puterJanuary 27, 2010 at 10:15 AM

    asal jangan salah adopt kaya Marley and Me ya...
    Hehehe...

    ReplyDelete
  3. @Mba Rini: Hihihihi.. Banget, Mbaaa.. Gemesin bangetttt!!

    @Ayah: Kayanya yang gue adopsi gak separah Marley sih.. Walau teror juga sedikit. Hehehe..

    ReplyDelete
  4. Helooo....
    Kunjungan perdana...
    Salam kenal yah..

    ReplyDelete
  5. @Tana Toraja: Terima kasih sudah berkunjung.. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts