Dodo!

Perkenalkan, sesosok mahluk lucu bernama Dodo!


Dodo adalah orangutan yang baru saja saya adopsi dari Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF). Adopsi ini tidak eksklusif. Satu orangutan seperti Dodo bisa diadopsi oleh banyak individu. Adopsi premium (hanya oleh 1 individu) pun bisa dilakukan dengan biaya yang lebih besar. 

Dana yang terkumpul akan membantu BOSF dalam melaksanakan kegiatan mereka; menyelamatkan, merehabilitasi dan melepas orangutan-orangutan kembali ke hutan. Bukan sembarang hutan, tetapi area hutan yang memang sudah dibeli oleh BOSF sebagai area konservasi bagi orangutan-orangutan yang sudah direhabilitasi. Melepas mereka ke hutan bebas (bukan hutan konservasi) berarti kembali meletakkan orangutan-orangutan ke dalam risiko ditangkap, dibunuh atau terbunuh oleh perusahaan-perusahaan yang ingin menggunakan hutan sebagai lahan kelapa sawit. 

Orangutan muda seperti Dodo biasanya diselamatkan dalam keadaan tak ber-induk. Ibu mereka kebanyakan mati dibunuh dan bayi-bayi orangutan ini menyaksikan peristiwa itu terjadi dan kemudian mereka sendiri biasanya diperdagangkan dalam pasar hewan ilegal. 

Di area rehabilitasi orangutan-orangutan muda belajar untuk melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk bertahan hidup di hutan seperti memanjat pohon dan berpindah dari satu pohon ke lainnya. Semua ini  tentu dilakukan di bawah pengawasan para pengasuh. 

Jika tertarik untuk mendukung kegiatan BOSF maka sila kunjungi website mereka: htttp://orangutan.or.id

Baca juga: The Enchanting Forests of Borneo - Part II oleh Cassandra Niki


Dengan mengadopsi maka Anda akan mendapatkan foto dari orangutan yang sudah Anda pilih, beserta sertifikat adopsi dan cerita mengenai orangutan tersebut. Anda dapat memilih jangka waktu adopsi yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan. 

Menurut saya ini dapat menjadi ide kado yang menarik sekali bagi seorang pecinta binatang yang berulangtahun. Atau mungkin sebagai kado valentine? :) 

Mohon pertimbangkan.

Comments

  1. Din.. boleh koreksi dikit? :)
    Jangan bilang "seekor", karena orangutan gak punya ekor... Sama spt primata lainnya, yaitu Gorilla, Chimpanzee, Bonobo... dan MANUSIA :D

    Biasanya kita bilangnya "satu individu" atau "dua individu" dst. Atau simply say 1 orangutan..

    Minor correction... But here's a wet sloppy kiss full of mud from Dodo *mmmmuuuuaaahh* (krn Dodo doyan guling2an di lumpur kalo musim hujan --___--)

    Thanks again for supporting us!

    ReplyDelete
  2. Terimakasih koreksinya, Mba! Sudah langsung aku betulkan.

    And thanks for constantly educating me. Seriously, thank you! :)

    Awwww Dodo.. I'm in love with him by the way! :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts