Sepuluh: Kegigihan yang Menakjubkan

10 (Sepuluh)


Saya cinta Indonesia karena...
ada saja yang membuat takjub.

Banyak yang bikin kita berdecak kagum dan takjub (baca: heran) soal Indonesia. Well, aside from its obviously beautiful magnificent nature, the behavior of its people sometimes make us, well, speechless. Ini tidak bisa ditemukan di manapun juga. Bagi saya kekreatifan, keberanian (atau lebih tepatnya kenekatan) dan kegigihan penduduk Indonesia (pada umumnya) untuk mencapai tujuan atau keinginannya, sungguh luar biasa.

Kehebatan para pengendara motor membawa barang-barangnya. Ban mobil, kaca segede rumah, pipa panjang, triplek, kayu gelondong, dus-dus, gerobak jualan, spoiler mobil, name it and they can carry just about anything on their motorcycles.

Bajaj atau tuctuc yang bentuknya sungguh menggemaskan sekaligus sudah tak karuan dengan karat merambah ke jalan aspal, perlu senantiasa mendapat perhatian penuh dari pengguna jalan lainnya. Hati-hati kalau berkendara di belakang atau samping si oranye ini. Manuvernya ajaib dan hanya diketahui si Abang dan Tuhan. Tapi ini juga adalah kendaraan yang tepat untuk melintasi keruwetan Jl. Tanah Abang. Been there done that!

Moto para pekerja Indonesia mungkin bisa diwakilkan oleh kalimat ini: Keselamatan Bukan Prioritas Kami. Hebat sekali para pekerja naik ke baliho, tiang listrik, pohon tinggi, bahkan gedung tanpa helm dan tali keselamatan. Atau biasanya, dengan tali tapi seadanya. Bukannya saya menyetujui safety yang dinomorduakan, tetapi saya sungguh salut melihat keberanian mereka untuk melaksanakan tugas.

Masih banyak yang bisa bikin kita geleng-geleng kepala, tapi di saat yang bersamaan juga membuat kita ingin membagi berbagai hal menakjubkan itu sebagai bahan pembicaraan tentang keunikan bangsa ini, bahkan dengan teman-teman dari negara lain. Maka untuk kegigihan, saya angkat topi. Mari kita kolaborasi membuat buku?


Andini Darmadi

Andini (ya, namanya sama dengan saya) adalah penulis lepas, sekaligus seorang entrepreuner. Ia lulusan FISIP Universitas Pelita Harapan dan kekritisannya terhadap keadaan sosial bangsa disalurkan lewat keaktifan di sayap salah satu partai politik.

Comments

Popular Posts